Feeds:
Posts
Comments

Prinsip kerjanya misalnya jika kita menggunakan battery (yang diasumsikan kapasistasnya 1000 mAmp), dan pada posisi tinggal 100 mAmp kita re charge. Maka si battery nih, akan menganggap kapasistas 100% nya adalah 900 mAmp. Nah di saat lain, ketika masih sisa 100 mAmp (lagi), dan kemudian di recharge lagi maka si battery ini jadi menganggap kapasitas 100% nya adalah 800 mAmp (ingat tadi kan sudah dikurangi 100 mAmp di depan). Nah proses ini ber ulang-ulang. Jadilah si battery ini gampang nge drop, karena si battery nganggap 100% nya adalah tinggal 200 mAmp misalnya, jelas aja akan nge drop.

Kenapa begitu? Karena si hape atau notebook ini kan menggunakan energi yang besar, ketika sisa 100 mAmp sudah nda kuat untuk ngangkat alat ini untuk berfungsi, dan akan di indikasikan low battery dan butuh di charge (ini semua contoh sederhana aja lho, detail teknis saya nda jelas, terus terang aja). Maka kita mesti nge charge.

Nah ini nih obatnya. Prinsipnya adalah menguras memory yang ada di battery itu agar bener-bener habis sampai 0 (atau mendekati 0 – nol) mAmp. Nah bagimana caranya ? karena kalo dengan notebook atau hape mereka mempunyai tenaga terlalu besar. Sederhana, kita gunakan lampu cabe. Ini lampu kecil, bentuknya memang kaya cabe. Biasanya digunakan untuk lampu sudut mobil, warnanya ada macem-macem. Hijau, merah, clear, kuning ….hmm apa lagi ya ? Lampu ini datang dengan membawa ujung sudah berkabel. Kenapa lampu cabe ? Kalo nda salah voltase nya 12 V, nda kebakar kalo di tanceping di battery hape bahkan accu mobil, tetapi hanya butuh sedikit tenaga (kecil Amp nya). Si lampu cabe ini kita tancapkan ke battery hape ato notebook yang sudah kita lepas ke kutub (+) dan (-) nya. Cari logam (peniti misalnya) atau konektor kabel kecil (bentuk pipih kecil) yang bisa kita masukkan di konektor di battery itu, yang kemudian kita hubungkan dengan kaki (kabel) si lampu cabe. Biasanya battery notebook punya banyak konektor, kalo tidak salah itu untuk komunikasi dengan si notebooknya. Nah kebanyakan notebook yang saya punyai selalu terletak di sisi terluar itu adalah postif/negativ nya. Nah tandanya sudah benar colokannya, jelas si lampu bakalan nyala. Diamkan saja sampai si lampu ini mati dengan sendirinya. Jangan ditunggu sambil ngopi ya, bakalan habis sekaleng kopi. Haha, karena bakalan lama sampai battery ini ter kuras habis oleh si cabe ini. Saya kadang harus biarkan 12 – 24 jam.

Setelah proses menguras habis. Pasang kembali battery ini. Charge sampai full di notebook anda. Gunakan sampai benar-benar habis, kemudian charge lagi sampai full lagi. Setelah 2-3 kali full charge (dan dipakai sampai habis bis), biasanya kapasistas battery akan kembali seperti ketika baru lagi. Namun harus diingat, kerena ini battery sudah lama (biasanya), tentu tidak akan bertahan lama. Setelah 6 bln atau 8 bln, langkah ini harus dilakukan lagi, untuk mengembalikan ke kondisi semula. Harap dimaklumi, bagaimanapun juga, battery ini mempunyai usia hidup. Tapi tindakan ini lumayan untuk sekedar menyambung nafas daripada membeli baru. Terlebih buat para mahasiswa atau pelajar yang dananya pas-pasan. Anda tidak bakaln tergantung colokan kabel lagi. Yah repot dikit lah, nda papa. Namanya juga pingin ngirit. Perhatikan, kadang pada waktu charge pertama kali komputer anda tetap akan membaca kapasistas full batteray anda tetap pada kondisi terakhir sebelum di kuras. Jangan khawatir, setelah 2-3 kali charge memory tersebut akan kembali seperti baru lagi dengan kapasitas benar-benar 100% (ya deket-deket dikit lah).

Biar battery awet ? Dari baca sana sini, dan pengalaman sendiri ada yang harus di perhatikan. Satu, kalau nge charge battery, usahakan sampai full. Dua, kalau sudah full segera cabut adapter nya dari colokan listrik. Tiga, gunakan sampai benar-benar habis baru di charge lagi. Saya biasa bela-belain si komputer shutdown sendiri karena kehabisan, daripada baru low warning sudah saya charge.

addopted from (wsetyonugroho.wordpress.com)

Advertisements

CALIFORNIA – Intel Corporation kembali menambah jajaran prosesornya setelah Senin kemarin meluncurkan Intel Core i7, seri Intel Core terbaru setelah prosesor Intel Core 2 Duo. Dinamakan i7 karena prosesor ini mengusung identifier i7, teknologi terbaru dari Intel. Intel Core i7 menjadi produk pertama dari beberapa prosesor dengan teknologi yang sama, yang akan diluncurkan hingga tahun depan. Seperti beberapa seri prosesor yang diluncurkan terdahulu, Intel Core i7 juga hadir dengan versi Extreme Edition. Produk ini menurut pihak Intel akan membawa performa tinggi pada komputer sekaligus membuatnya semakin hemat energi. Padahal biasanya jika performa semakin tinggi, kebutuhan energinya semakin besar. Intel Core i7 juga memiliki teknologi proses 45 Nanometer seperti Centrino 2. Proses 45 Nanometer ini akan menghasilkan kualitas tampilan gambar di monitor jauh lebih baik, seperti memutar video definisi tinggi. Dengan berbagai kelebihan itu, terutama fitur hemat energinya, prosesor ini tentu diperlukan oleh perusahaan yang sedang melakukan penghematan energi dalam pemakaian komputernya. Dengan kelebihan itulah Intel Corporation mengklaim Prosesor Intel Core i7 akan memperpanjang kepemimpinan mereka dalam teknologi prosesor laptop, desktop, dan perangkat server.

Intel Core i7 juga mempunyai Quick Path Interconnect, sistem antarkoneksi dengan proses berkecepatan tinggi, lebih dari 25 gigabit per detik, per-link. Dengan kemampuan kecepatan proses itu, Intel Core i7 yang mempunyai peranti AMD (Advanced Micro Devices) mutakhir menjadi pengontrol memori yang lebih terintegrasi.

addopted from(http://stikomksi2007azwar.wordpress.com)

Main sama si kecil

Mau bagi-bagi cerita seneng nih khususnya buat aq dewe :D(loh kok… :P). Ceritanya saat aq silaturrahim ke rumah ada deh..eehemm :D.Di dkat rumah si dia tepatnya di depan rumahnya, ada tetangga yang beda keyakinan dengan kita…ssssttt..pelan2..sebut saja..KRISTEN.. :). Nah usut punya usut si tetangganya dia ini punya balita namanya ABO ga tahu deh nama aslinya sapa..alafu ane…aq penasaran sama si ABO ini cz kta orang2 lucu bangeeeet.Yaudah deh aq tunggu aja si ABO sore harinya cz dari pagi ABO ikut keluarganya ke gereja.zzzzz…mobilnya ABO dah dateng tuh dari gereja.udah g sabar pengen ketemu ABO, ngak salah deh ABO dipanggil sama si dia buat diajak maen sama aq. ternyata bener abo tuh anaknya lucu banget kyak yg nulis :D. Abo memanggil dirinya sendiri dengan sebutan om dudunk g tahu dari mana dia nemu panggilan itu…(anak yang aneh :P). Abo nih usianya baru 3 thun tp dia cerewet banget(red..etes).Abo nih anaknya hiper banget sampek aq kewalahan ngejar2 dia. Si abo ini paling suka juga maen drum sampek peralatan dapur maminya pada benjot dipukuli ma abo.Ni salah dua foto adek kecilku..

Lagi kebelet....

Lagi kebelet....

Berduaan sama kakak

Berduaan sama kakak